Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune by mail

Pencarian

Sebuah Catatan Kecil Perjalanan IRC GOES TO SCHOOL

19.1.10 Diposting oleh IRC dan SMAN 50 JAKARTA


Hai... !!! Teman-Teman Blogger Semua !!!

 Saya dari IRC dan SMA Negeri 50 JAKARTA ingin menceritakan tentang perjalanan yang sangaaat bahagia, dan berguna bagi teman-teman blogger semua..


Ini Bermula Pada pagi hari di saat jam istirahat, Pak Eyri  memberikan surat dari IRC kepada saya untuk mengikuti kunjungan ke pabrik PT.Gajah Tunggal tbk,  acara apa ya!!.. acaranya untuk melihat bagaimana cara membuat ban motor IRC.

Saya ingin mengikuti acara ini dengan penuh semangat, sampai saya sudah menyiapkan barang peralatan pada jauh-jauh hari. Tiba-tiba kabar dari pak eyri datang, untuk di majukan harinya saya sangaaat senang mendengar kabar itu.

 Pastinya teman-teman Blogger ingin menayakan perjalanannya kan.. 


Hari bahagia saya dimulai pada Jum’at 13 November 2009, Terlalu semangatnya, Saya membangunkan teman-teman saya. Pagi itu jam 5.00, kami siswa SMA Negeri 50 Jakarta, dengan guru pembimbing saya pak eyri, berangkat dengan sangat gembira dan penuh semangat ke gedung GT radial yang beralamat di Hayam Wuruk 8, Jakarta 10120,
Jakarta, Indonesia 14350



IRC mengundang 300 siswa, serta guru pembimbing dari 58 SMA yang berkawasan di dareah Jabotabek, kami diundang IRC untuk melihat langsung proses pembuatan ban motor dari IRC yang berkawasan di Jatake, Tangerang, Banten.





Sesampainya di GT Radial, Saya mendaftar ulang  dengan panitia yang baik, kami juga di beri sufenir yang cantik dari IRC. kami berangkat dengan Bis pertama Yaitu bis A, kami diberi Informasi dan bimbingan Tour untuk melihat kompleks pabrik PT. gajah tunggal, yang akan dilanjutkan melihat proses produksi, dan standart kualitas dari ban motor IRC.


Mungkin teman-teman ingin menanyakan acara apa sih, Acara  tersebut berupa rangkaian program IRC Goes to School, yang bertemakan Another Day with IRC, yang bertujuan untuk mengajak para siswa untuk melihat secara langsung proses produksi ban motor IRC yang menggunakan teknologi tinggi dan standar kualitas ketat yang berasal dari Jepang.



Kami dari SMA Negeri 50 Jakarta, berterima kasih sekali kepada bapak Buddy Tanasaleh, selaku Vice President dari PT. gajah tunggal tbk untuk melihat secara langsung proses produksi ban IRC yang menggunakan teknologi tinggi, dan standart kualitas yang sangat ketat. Bapak Buddy berharap, para siswa-siswi bisa mendapat wawasan yang lebih luas akan tetapi mengembangkan wawasan dan kreatifitas untuk menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif.


Dan pada hari itu, kami kedatangan bapak Takahasi dari IRC (inoue rubber company) ia memceritakan tentang ban motor IRC yang di buat dari  jepang, Thailand, Vietnam, dan di Indonesia.

Bapak Takahasi memberi informasi tentang jumlah produksi ban motor IRC di Indonesia sekitar 60.000 tire, dan  100.000 ture dalam 1 hari, dan 38.000.000 ture dalam 1 tahun angka-angka ini sangat besar di PT.gajah tunggal, sehingga produksi ban motor IRC menjadi nomor 1 didunia  antara lain Yamaha, Honda ada 55%, sampai 60%, dan share di pasaran,sampai 50 persen, 1 dari 2 memakai ban IRC. IRC Tire berusaha menaikan kualitas demi kepuasan pelanggan, kalau kamu mempunyai sepeda motor, pilihlah brand ban motor IRC yang sudah terjamin kualitasnya.


Kami melanjutkan perjalanan ke kompleks Pt. Gajah Tunggal group tbk dengan menggunakan bis, sebelumnya kami menggunakan masker yang sudah diberikan oleh panitia, agar asap dari pabrik tidak tercium oleh siswa.

Pt. Gajah Tunggal tbk,  Didirikan pada tahun 1951. memulai produksi bannya dengan ban sepeda. Sejak itu Pt. Gajah Tunggal tbk  bertumbuh menjadi produsen ban terbesar di Asia Tenggara, PT. Gajah Tunggal tbk  memperluas produksi dengan membuat variasi produk, melalui produksi ban sepeda motor IRC pada tahun 1971, diikuti oleh bas bias untuk penumpang dan komersial di tahun 1981.


Awal tahun 90-an, Pt. Gajah Tunggal tbk  mulai memproduksi ban radial untuk mobil berpenumpang dan truk. Kami melihat pabrik-pabrik ban utama adalah Handayani yang didirikan pada tahun 25 april 1986, produksi nya nillon, dan Vilamindosakti produksi bahan dasarnya. Dari Vilamindosakti memproduksi nillon 92, Handayani memproduksi niilon 6, dan kami melihat pabrik yang membuat Tire cord yang dibangun tahun 25 april 1986.

PT. gajah tunggal group tbk sangat luas. Luas PT. gajah tunggal group ini 260 hampir 270 hektar loh.  Dengan luas tersebut di pt gajah tunggal tbk terdapat fasilitas yaitu Sarana Kesehatan, Olahraga, Mini Market, Masjid, Dan Balai pengobatan khusus karyawan, PT. gajah tunggal group tbk  juga mempunyai banyak Plant Yaitu :


Plant A, Plant ini adalah :
Gudang ban mobil eksport biyes, ukuran 8 inci 25 inci yang ukuran besar
3meter dan di plant A ada United workshopnya pada bagian depan office nya.

Plant B ini yang sangat saya sukai yaitu  :
Produksi Ban motor IRC,
Cikal bakal gajah tunggal adalah ban irc pada tahun 70an dibandengan utara, dan pada tahun 77an pindah ke tanggerang.



Gajah Tunggal tbk berpedoman pada visi misi yang membantu Perusahaan fokus dalam pencapaian keberhasilannya. Visi misi ini membantu Gajah Tunggal tbk selalu berupaya menjadi idealisme dengan mengingatkan manajemen, serta pekerja bahwa mereka bekerja sama demi tujuan yang sama, yang akan menjadi keberhasilan jangka panjang.

Perjalanan selanjutnya kami ke Plant C yaitu yang memproduksi Ban dalam mobil, sedangkan Plant D Khusus memproduksi Pabrik ban mobil radial. Di daerah ini banyak orang asing yang datang karena produknya eksport ke seluruh dunia dan juga teknisinya berasal dari luar negeri loh makanya kualitasnya terjamin.

Scrub dari hasil produksinya di kirim ke plant E untuk di blog in kembali karetnya, untuk diproses reklim rubber. 

Gudang plant radial, memproduksi ban mobil radial di eksport hampir ke 86 negara di dunia loh.
Gajah tunggal tbk adalah perusahaan ban terbesar di asia tenggara karena memproduksi, ban motor, ban dalam mobil, dan ban mobil radial.


Selanjutnya kita pergi ke Plant E, Plant E adalah Khusus reklim rubber, jadi ban-ban yang scrub tidak di buang, diolah/diproses kembali untuk di daur ulang menjadi ban kembali.

Pada tahun 70an karet tidak bisa di proses kembali, ternyata sekarang barang scrub di proses, dan di hancurkan kembali menjadi campuran bahan karet kembali  jadi tidak ada limbah nya loh, itulah keunggulan PT.Gajah Tunggal Tbk




Di PT. gajah tunggal group tbk mempunyai  Kantin-kantin untuk para pekerjanya jadi kesehatan merupakan tanggung jawab PT.Gajah Tunggal, Tidak jauh dari kantin terdapat Pt. Bando, Pt. Bando adalah  pabrik yang memproduksi v belt,  v/fan belt powertransmition dengan convertorbel, Pt. Bando berdiri pada tanggal 20 november 1987. kendaraan bermotor sekarang banyak yang menggunakan produk vbelt dari bando loh..


PT.Softex Indonesia juga terdapat di lingkungan PT. gajah tunggal group tbk , yang terdapat bersebrangan dengan PT.  Bando yang berdiri pada tanggal 15 oktober 1976,  PT.Softex Indonesia memproduksi, sanditaniterkin, baby paper tissue, dll.


Apalagi Pabrik cat GT Tripakarsa yang dibangun sekitar tahun 1977, yang memproduksi Kansai paint, juga terdapat di PT. gajah tunggal group tbk loh.
Itulah keistimewaan PT. gajah tunggal group tbk yang produknya, yang sudah terkenal dengan kualitas tinggi.

Kalau anda tahu, Karet Ban yang dipakai berasal dari pohon karet yang terdapat di daerah cikumpai, subang, dan dari lampung, tapi paling banyak dipakai dari subang karena sudah dapat sertifikat ISO, karena sudah di audit standarisasi lebih bagus untuk menghasilkan kualitas yang terjamin.

Selain di Tanggerang, juga terdapat Pabrik di serang, yang memproduksi sintetic rubber, karena untuk radial tidak murni seluruhnya karet alam harus karet campuran karena ada komposisi ramuan yang memadukan agar kenyamanan dan keamanan stabil saat mengendara terjamin.


Ban Motor IRC TIRE terdapat ban Natural, dan ada ban Sintetic Rubber, yang masih mempunyai keunggulan dan kelebihan masing-masing.

PT. gajah tunggal group tbk  kira-kira memperkerjakan 19.000 karyawan kalau gajah tunggalnya saja 9.700 yang terdapat di Plant A,B,C,D,E.
Di Plant B sekitar 2670 karyawan untuk produksi ban motor IRC, karyawan Radial sekirar 2400 karyawan, di Plant A 2300 karyawan, sisanya di Plant E. Pabrik PT.Gajah tunggal Tbk, 350hari kerjanya. liburnya hanya lebaran dan tahun baru, lainnya full Bekerja 8 jam full  jam 10 sampai jam 11 istirahat bergantian dengan orang lain, karena demi kenyamanan pelanggan menggunakan produk dari PT. gajah tunggal group tbk, banyak juga yah..


Ban Radial pertama kali di desain asli oleh orang Indonesia asli karena pada tahun 80an bekerjasama dengan yokohama, Radial belajar menyesuaikan diri dan pisah untuk membuat pabrik sendiri yang namanya PT. gajah tunggal tbk.


PT. gajah tunggal group tbk  dibangun pada tahun 1970 yang produksi ban motor dan ban sepeda dibandengan utara pada tahun 1978 PT. gajah tunggal group tbk pindah ke PT. gajah tunggal group tbk  PNA (PNA ban mobil) Stok Gudang ban motor IRC berseberangan dengan ban mobil Radial.


Ban Radial juga memproduksi ban michelin dan V Rally, produksi dari PT. gajah tunggal group tbk. Ban motor IRC produksi masaknya, menggunakan Steam dari PT. IRC Indonesia, Boiler untuk memasak, united utilities  adalah alat yang canggih untuk kualitas terbaik.

Apa sih IRC, IRC adalah Inoue Rubber Company.Inoue adalah asli nama marga orang jepang. Ban motor IRC memproduksi rubberpart untuk dikirim ke part motor Honda, Yamaha, dll.


Kami melanjutkan perjalanan melihat Ban yang besar yang digunakan untuk penambangan, pada tahun 2010 ban Motor IRC akan berencana mengekspor ban motornya ke selruh penjuru dunia.


Tujuan kami selanjutnya ke daerah Plant B yang bertepatan dengan Ban Motor IRC, pabrik ini memproduksi ban motor IRC, ban IRC mempunyai 2 Tipe yaitu : Ban dalam dan ban luar merek IRC.



Kami siswa SMA NEGERI 50 JAKARTA sangat bangga Terhadap Produk IRC karena Kami di beritahukan cara pembuatan ban. Yaitu pertama kali kami di beritahukan bagaimana cara membuat ban luar.

Pertama bahan dasar berupa compone yang di transfer ke departemen topping untuk membuat pelapisan antara compone dengan nilon dari Handayani, jadi melalui pelapisan niilon dengan compone dilapisi menjadi treathmeant yang ada di Plant A kemudian compone juga di kirim ke trafficsudi umtuk membuat telapak ban.



Kemudian dari compone itu di buat kawat dengan compone/karet, kemudian  treathmeant yang dari topping di potong di daerah bayscapping yang berupa play.
Output dari bayscapping berupa Play,
Output dari transisiding berupa Telapak Ban,
Output dari Pleatglomet itu Pelapisan Compone dengan layer dinamakan deep layer.


Selanjutnya 3 komponen di assembling di Departemen Building. Jadi Play Beat di Assembling diberi Streat Telapak Ban menjadi Green Tire yang artinya Green adalah hijau dan Green tire adalah setengah matang yang ada di departemen building.

Setalah itu Green Tire diberi GOP atau Green Ear Paint untuk memudahkan proses proses pemasakan kemudian langsung dikirim ke Departement Curring untuk di masak.


Jadi PCE ban keluar dari mesin di PCE satu persatu untuk membentuk foarming setelah itu baru ke produk tertentu kemudian ban dalam sederhana kalau dispenti di kasih lem dibawah compone dari banburi di propsektur setelah jadi greenstik disambung menggunakan mesin kemudian di curring baru di inspection di stand inspection jadi satu baris.

Jadi panas nya sekitar 120 derajat,  ban setelah jadi di rol 1 persatu dan dikirim ke Department Building untuk di lakukan outstring Treathmeant di potong jadi perlembar di Department Building juga.

Play yang di masukan ke department scutiing, kemudian telapak yang di hasilkan oleh trafiic sudiin dan wire yang di hasilkan oleh ban diploment di assembling di sini jadilah telapak selanjutnya play kemudian beat di assembling di sini.

Lebih canggih Ban motor IRC dari pada ban motor lainnya untuk pemasangan pertama tublesnya yaitu play1, play2 kawat, tune up.


Ada 2 tipe ban yaitu Ban tubles (ban yang tidak menggunakan ban dalam / ban dalam menempel dengan ban luar). Kedua Ban byes (ban yang harus memakai ban dalam)
Demi kenyamanan dan kualitas ban motor IRC, melewati beberapa proses yang terjamin mutunya yaitu : Proses inspeksi, Proses inspeksi adalah ban yang sudah rusak dimasukkan ke karantina ban dan akan dipotong dan di daur ulang kembali untuk menjadi ban yang baik kembali, Proses Wobling, Proses Wobling adalah untuk mencari kerataan ban. Ban yang tidak rata tidak digunakan.
Fungsi ban motor IRC adalah menahan beban kendaraan, mempunyai keteraturan rem, menahan benturan, mengendalikan arah kendaraan.

Jadi ban dari building kita kasih ginerpaint supaya proses masak tidak lengket di bleddernya baru setelah itu di masak. Produksi ban IRC adalah Yamaha, Suzuki, Honda, dan ban besar dipakai oleh motor tiger.


Kami juga Menayakan Bentuk dari Brig ban IRC TIRE yang bergelombang di design silang-silang sedangkan ban merek lain tidak,Mengapa? Karena, Patten ditentukan bentuk ngebrig dari ban motor supaya membuat air dalam jalan berair tidak licin.

Ban IRC di desaign  tergantung pesanan, jadi dikirim setelah sudah dikembangkan dan diteliti baru dibuat melalui manual setelah model sudah jadi baru di desaign di moll/cetakan setelah ban sudah jadi di coba dan diteliti apa di jalan kurang bagus lagi di modifikasi demi keunggulan dan kenyaman ban Motor IRC.

Jadi Patten (yang bersilang-silang di ban) yang paling menentukan saat memakai motor  jika Ban Motor terlalu botak bahaya, karena pada waktu hujan atau jalanan licin akan terjadi kecelakaan,jadi bahaya sekali jika patten sudah botak, jadi memilih patten/kembangan harus hati-hati.


Patten Motor GP componenya berbeda Ban nya dengan ban motor biasa karena ban Motor GP 50 kali putaran sudah di Ganti karena lengket di jalan walaupun ban nya botak  Motor GP berbeda dengan IRC karena Ban Motor IRC paling kuat 2-3 tahun tidak akan rusak.

Jadi memilih kembangan harus hati-hati terutama ibu-ibu pilih patten atau kembangan harus berbentuk BLOK jangan pigirannya tipis/botak terutama saat hujan jadi gunakan ban IRC formula karetnya tidak bisa di tiru karena experience nya lebih lama.

Rumusnya atau Kuncinya ban ada di Compone kalau Componenya Keras maka di jalan gampang terjatuh kalau Componenya lembek cepat habis jadi componenya harus Pas dan seimbang.

Cara kerja membuat Ban luar, pertama Ban yang setengah jadi digunakan untuk dijadikan ban combon yang terdiri dari karet, oli, karbon, sulfur untuk bahan baku lingkungan, Pemanasan ban yang sudah dingin untuk proses yang lebih mudah, Feed Mill (pembagian ban ke tread extruder) selanutnya Dibentuk / cetakan (memiliki bahan dasar yang berbeda semen, karpet, bensin, sehingga menjadi lumer, dan membantu untuk menempelkan bahan-bahan. dan setelah panas lalu didinginkan. Limit Sample adalah beberapa contoh ban yang baik.


Mesin yang dipakai untuk memproduksi ban IRC sangat Berkualitas, 1 mesin hasilnya 156 dalam 1 fit, 3 fit hasilnya 450 dalam 1 hari. Dari Curring sehabis di PCA dikirim untuk di inspection satu persatu jika ban nya berbeda/ada kerusakan akan di pisahkan itulah keunggulan ban IRC.

Ban di masak Tergantung ukurannya jadi ukuan kecil waktu curring / masaknya sebentar jadi ban tergantung ukurannya ban semakin besar semakin lama waktunya kalau otr masaknya sampai 24 jam masaknya kalau ban mini hanya 8 menit 10 menit 15 menit jadi tergantung ukurannya.

Proses pembuatan ban motor IRC pertama di “Mixing” pencampuran dari karpet, air, karbon, dan nanti akan menjadi “compone” yang nantinya akan dipakai, Ban Dalamnya Mixing, Valve cementing, Tube extruding, Tube splicing,Tube curing dan F1.

Ban motor irc sangat bagus, karena dilihat dan diteliti ke olenganya, balance nya,  dan performanya terjaga demi kenyamanan pemakaian motor.

Yamaha hampir 270.000/bulan untuk pemesanan ban IRC.

Ban tubbles tidak menggunakan ban dalam, kemudian kalau ban bocor tidak akan kempes dia bisa tahan selama tidak di cabut, kalau ban dalam IRC natural,  kalau ban federal/dll kalau ban butil kempes/sobek tidak bisa di tambal langsung robek panjang, kalau ban natural begitu kempes di tambal 5.000 sudah jadi. Jadi kita memproduksi ban natural untuk konsumsi orang indonesia.

Ban IRC di potong, dikirim ke Plant E di giling di proses karetnya di steam/masak kembali di beri bahan kimia dan di blok-blok kembali dan di jual. Kawatnya di kikis semua ban bekas bisa di daur ulang namanya reklim rubber jadi tidak ada kata pencemaran limbah loh.


Menurut saya proses pembuatannya ban motor IRC sangat terjamin kualitasnya dan lebih bermutu dari ban yang lainnya. IRC mendapat penghargaan “TOP BRAND AWARD” dari kualitasnya sebagai ban yang berkualitas tinggi.


You can leave a response, or trackback from your own site.

48 Response to "Sebuah Catatan Kecil Perjalanan IRC GOES TO SCHOOL"

  1. danni Said,

    perjalanan yg menyenangkan :)

    Posted on 18:49

     
  2. ajie Said,

    Nice share :D
    Good Luck ya bwt IRC SMA 50 :D

    by : aji

    Posted on 18:53

     
  3. fahtia Said,

    semoga kegiatan ini di selenggarakan setiap tahun nya XP... amiin

    Posted on 18:57

     
  4. Rahmat Said,

    owhh baru tau gw heheh

    Posted on 19:06

     
  5. A Eko Said,

    19.000 karyawan?? wow

    Posted on 19:20

     
  6. tryas Said,

    info yg sangat bermanfaat, thanks ya :))

    Posted on 19:44

     
  7. Taufik Said,

    ternyata di pabrik PT Gajah Tunggal bukan cuma ada pabrik IRC, tapi juga ada pabrik dari brand2 terkenal di Indonesia.. salut deh

    Posted on 20:16

     
  8. Dafi Said,

    thumbs up for this !!

    Posted on 20:20

     
  9. padli Said,

    IRC Tire memang sudah terjamin kualitas nya !!.. .

    Posted on 20:22

     
  10. Yugi Said,

    Motor Jupiter Z gw jg pake ban IRC loh hehe

    Posted on 20:34

     
  11. acel Said,

    smoga SMAN 50 berhasil menjadi juara amin amin amin !

    Posted on 20:36

     
  12. adeline Said,

    oh pabrik irc di tanggerang ya, di doain deh irc sma 50 jd juaranya

    Posted on 15:59

     
  13. M Indra A Said,

    eh bagus ya ceritanya jadi pengen ngeliat ke sana nih, dany ko ga ngajak sih, curang ya

    Posted on 16:00

     
  14. M Fadli Said,

    woi, keren nih web nya, bagus coy, buatin dong

    Posted on 16:01

     
  15. IRC dan SMAN 50 JAKARTA Said,

    terima kasih ya atas kunjungannya iya nih fad, nanti gue ajarn deh

    Posted on 16:02

     
  16. M Fadli Said,

    oh gimana cara buat link yang diatas gitu dan

    Posted on 16:05

     
  17. Ully W Said,

    keren nih ceritanya menarik, ikutin jadi penulis mading di sekolahan aja dan,

    Posted on 16:07

     
  18. sitir r Said,

    wah, pt gajah tunggal gede juga ya.... banyak plant nya lagi... hebat ya pantesan kualitasnya terjamin karena mutu dan kualitas nya ber standart internasional ya... hebat

    Posted on 16:10

     
  19. silvia m Said,

    eh dany gw pake motor vario nih... pakenya ban irc yang merek nya apa ya.. di tunggu balesannya,, oke

    Posted on 16:12

     
  20. IRC dan SMAN 50 JAKARTA Said,

    kalo vario ban depannya 80/90 – 14 NR 80 kalo ban belakang nya 90/80 – 14 NR 80,kalau mau liat di http://ircdansma50.blogspot.com/2010/01/dari-irc-dan-untuk-masyarakat.html disitu ada perawatan ban dan semua merek ban irc loh ^_^

    Posted on 16:14

     
  21. rahmat Said,

    oh kalu ban yamaha rX-king irc gimana, ada ga

    Posted on 16:15

     
  22. IRC dan SMAN 50 JAKARTA Said,

    semua ban merek motor ada di http://ircdansma50.blogspot.com/2010/01/dari-irc-dan-untuk-masyarakat.html ari aja loh, semoga berita nya bermanfaat

    Posted on 16:17

     
  23. myra Said,

    semnagat ya sma 50

    Posted on 16:18

     
  24. melati Said,

    wow pt gajah tunggal ada pt softexnya juga ya....

    Posted on 16:19

     
  25. mailiana Said,

    dany no dan alamat nya pt gajah tunggal dimana... kk gw nanyain.... katanya mau beli ban motor irc... tapi ga tau merek nya

    Posted on 16:21

     
  26. IRC dan SMAN 50 JAKARTA Said,

    kalau mau liat merek nya disini ada juga lho...... cari aja deh......

    Posted on 16:22

     
  27. noufal Said,

    dany.... danni..... postingannya menarikk... hebat.,,,,,, nanti gua bilangin pa witnyo masukin lo ke mading bro

    Posted on 16:23

     
  28. fajar r Said,

    keren amet bro webnya..... ajib,,,,

    Posted on 16:24

     
  29. affan Said,

    hey gw boleh mintaa postingannya ga yang tentang merek..... keren abis mamen.... kunjungi ya di
    http://bengkelkreatifitasanakindonesia.blogspot.com/

    Posted on 16:25

     
  30. leo Said,

    IRC ga ada abisnya....

    Posted on 16:25

     
  31. lely Said,

    hewbat euy irc gede abis gedungnya.... apa lagi halamannya yang di tanggerang......

    Posted on 16:27

     
  32. tryas Said,

    kecil-kecil irc dijalanan hebat juga loh... gue aja make... dan postingannya jangan lupa di kirim soalnya ada motor gue,, kan biar eksis dikit motor gue di web lu

    Posted on 16:28

     
  33. irma Said,

    ini baru dany design fotonya keren-keren bro..... asik dah hebat euy

    Posted on 16:29

     
  34. imam rafi Said,

    hebat nih irc selain kualitasnya.... mutunya juga terjamin,,,, gue juga make nih ban nya..... asik dah

    Posted on 16:30

     
  35. IRC dan SMAN 50 JAKARTA Said,

    gitu dong mam pake ban irc juga loh,,, ini baru namanya IRC HOLIC

    Posted on 16:31

     
  36. hadijah Said,

    ih aku juga pake tau... tapi motor nya di pake bokap sih.... tapi pernah make sekali enak juga di bawanya motor nya

    Posted on 16:32

     
  37. emil Said,

    hebat nih irc jagoonya ban loh.......

    Posted on 16:33

     
  38. desi Said,

    emang hebat euy irc,ban yang terbaik nih.... apalagi di proses untuk kenyamanan pemakai, hebat nih artikelnya

    Posted on 16:34

     
  39. damaiyanti Said,

    damai itu indah apalagi irc,damai di pakai damai di hati

    Posted on 16:35

     
  40. arman bomberman Said,

    hebat nih irc apa lagi bannya... pemrosesannya aja hebat nice blog brio... untuk info di http://infoliverpool.blogspot.com/

    Posted on 16:37

     
  41. andini Said,

    pantesan ban irc bagus... artikelnya membantu loh untuk memberi tahu... bagai mana pemrosesannya dan kestabilan bannnya... apalagi untuk memilih ban yang terbaik, terimakasih sma 50 untuk info mengenai ban dan gajah tunggalnya

    Posted on 16:39

     
  42. ananda Said,

    iya tuh, emang hebat ban irc dan artiket ini.... di dukung terus deh sma 50,,

    Posted on 16:40

     
  43. celia acel Said,

    ini baru berita.... menarik untuk dibaca, ada mafaatnya juga ya mengenai ban motor irc

    Posted on 16:41

     
  44. elanda Said,

    gila perjalanannya kaya gw ngikut banget!!! nice artikel ya sob!!

    Posted on 09:58

     
  45. hendrik Said,

    HEBAT YA IRC, kren abis emang bannya bagus banggetss...

    Posted on 14:56

     
  46. IRC dan SMAN 50 JAKARTA Said,

    terima kasih pemakai ban irc juga ya.....

    Posted on 19:07

     
  47. irwanto Said,

    irc sma 50 memang berkualitas karena lebih terjamin dan mudah cara pemogram dan penyampaian beritanya lebih mengerti dari sma lain, karena aku sudah melihat jauh tentang blog2 sma irc lainnya, saya dukung dari belakang supaya irc sma 50 menjadi yang terdepan, sukses ;) jgan lupa visit http://irwantorichard.blogspot.com/

    Posted on 19:27

     
  48. Anonim Said,

    I can see that you are an expert at your field! I am launching a website soon, and your information will be very useful for me.. Thanks for all your help and wishing you all the success.

    Posted on 17:22

     

Google translate

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah Seorang Pelajar di salah satu sekolah negeri di jakarta yang ingin memajukan nama bangsa indonesia dengan memakai produk asli dari indonesia Blog ini adalah kumpulan tulisan blog kebanggaan untuk memajukan nama bangsa dan bertujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat umum dari kualitas dari ban irc tire. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. ^_^

Daftar Blog Saya